Pengertian Simple present tense Contoh dan Rumus

Artikel terkait : Pengertian Simple present tense Contoh dan Rumus

Pengertian Simple present tense Contoh dan Rumus– Kali ini kita akan belajar bahasa inggris tengtang pengrtian simple present tense, rumus dan contoh kalimat.

Pengertian Simple present tense Contoh dan Rumus

Pengertian Simple present tense Contoh dan Rumus


Simple present tense adalah kalimat yang paling serimg digunakan dalam bahasa inggris. bila kita lihat dari kata katanya dapat kita artikan bahwa simple adalah sederhana dan present adalah waktu sekarang. Jadi secara sederhana pengertian dari kalimat simple present adalah kalimat sederhana yang digunakan untuk menyampaikan kejadian di wakru sekarang.

Bagaimana Belajar Grammar Bahasa Inggris Yang Tepat


 Kalimat ini juga bisa kita kenali pada verb yang digunakan. Kalimat ini menggunakan verb 1 atau menggunakan to be “am, are, is” .

Ada dua jenis kalimat simple present tense, yaitu jenis kalimat verbal dan kalimat nominal. Apa itu kalimat verbal? kalimat verbal present tense adalah sebuah kalimat yang memiliki predikat kata kerja. Sedangkan kalimat simple present yang tidak menggunakan kata kerja sebagai predikatnya disebut kalimat nominal. mari kita bahas lebih jaun tentang simple present.

Yang pertama mari kita mulai dari kalimat simple present dalam bentuk nominal. seperti yang sudah saya jelaskan diatas, kalimat nominal adalah sebuah kalimat yang predikatnya bukan kata kerja.

Bagaimana Lancar Berbahasa Inggris Dengan Mudah


Rumus simple present nominal

Rumus simple present nominal:


Rumus Kalimat Simple Present tense dalam Bentuk Nominal
Positive (+)Subject + to be 1(am, is, are) + Adjective / Noun / Adverb
Negative (-)Subject + to be 1 + not + Adjective/ Noun / Adverb
Interrogative (?)To be 1 + Subject + Adjective / Noun / Adverb?

Bagi kalian yang belum mengerti cara penempatan tobe mari saya jelaskan secara singkat. Penempatan tobe haruslah sesuai dengan object yang ada pada kalimat contoh: Penggunaan tobe “Am” tobe ini harus berada setelah subject “I” contoh: “I am”. selanjutnya adalah tobe “Is” untuk tobe ini digunakan pada subject “she, he, it” jadi: “She is, He is, It is” .



Yang ketiga adalah tobe bentuk “are” tobe ini mengikuti subject berbentuk “we,they, you” contoh: ” We are, They are, You are”.

Nah sekarang kalian sudah mengerti kapan menggunaka tobe tersebut, mari kita implementasikan pada sebuah kalimat sederhana:

Contoh Kalimat Simple Present Tense Nominal

Contoh Kalimat Simple Present Tense Nominal


To beAmIsAre
Positive (+)I am a doctorShe is a DoctorDian and Rio are a doctor
Negative (-)I am not a doctorShe is not a doctorDian and Rio are not a doctor
Interrogative (?)Am I a doctor?Is she a doctor?Are you a Doctor?

Nah itu adalah penjelasan tentang kalimat nominal simple present tense, bagaimana sekarang sudah mengerti bukan cara membuatnya. Cobalah untuk membuat sebuah kalimat sederhana sesuai dengan rumus yang saya berikan diatas. Selanjutnya masi kita bahas tentang kalimat simple present tense bentuk verbal.


Rumus Kalimat simple present bentuk Verbal

Bentuk kalimat ini digunakan untuk menyampaikan sebuak kegiatan atau aktivitas yang dilakukan berulang ulang setiap hari, atau kebiasaan yang sering dilakuka. Contohnya : “ayah saya membaca koran setiap pagi”.

Rumus Kalimat Simple Present tense dalam Bentuk Verbal


Rumus Kalimat Simple Present tense dalam Bentuk Verbal

Positive (+)Subject + Verb Infinitive / Verb 1 (es/s)
Negative (-)Subject + do/does + Not + Verb infinitive
Interrogative (?)Do/does + Subject + Verb infinitive?

Adapun aturan dalam penambahan es/s hanya pada kata yang berakhiran ss, ch, sh, x, o dan y . Contohnya: Do = Does, Go= Goes, Study= Studies.

contoh kalimat simple present verbal


Contoh Kalimat Simple Present Tense Verbal

Positive (+)She reads a book everyday
Negative (-)She does not read a book everyday
Interrogative (?)Does she read a book every day?


Nah kita sudah selesai membahas tentang Pengertian Simple present tense Contoh dan Rumus, sekarang tugas kalian adalah untuk membuat contoh kalimat berdasatkan rumus yang ada diatas, gunakan kamus jika kalian menemukan kesuliatn untuk mencari kosa kata bahasa inggris. sampaikan pertanyaan kalian pada kolom komentar tentang apa saja seputar simple present tense.

Lihat juga bentuk bentuk kalimat lainnya pada blog belajar bahasa inggris online ini. terimakasih dan selamat belajar.

Artikel Teknologi Informasi dan Komunikasi Lainnya :

0 komentar:

Copyright © 2015 Teknologi Informasi dan Komunikasi | Design by Bamz