Aktivitas dalam Pembelajaran Matematika 2 - Pendugaan Sudut pandang dalam Matematika
Pendugaan Sudut dalam Segitiga
Bagi sekolah yang letaknya dekat dengan sungai atau selokan, kita dapat mengajak anak ke tepi sungai tersebut dan meminta anak untuk menghitung lebar sungai. Kita bisa membiarkan anak mencoba-coba dulu dengan cara mereka. Setelah beberapa saat kita beritahu cara yang dapat mengukur lebar sungai dengan lebih teliti, yaitu; Carilah di tepi sungai itu dua titik yang berseberangan tepat lurus (A dan B). Kemudian kita susuri tepi sungai sampai kedua titik tadi kita lihat pada sudut 45o (C). Sudut itu dapat diduga dengan kedua jarum arloji, jika kedua jarum arloji itu ada pada jarak yang berbeda 7½ menit. Jika kita telah menghitung jumlah langkah yang ditempuh tadi, jumlah langkah (A---- B) diketahui juga lebar sungai, sebab kedua jarak merupakan kaki segitiga siku-siku samakaki.
Sumber: Bergembira dengan Sains oleh Hans Jürgen Press, penerbit Titian Ilmu Bandung.
Bagi sekolah yang letaknya dekat dengan sungai atau selokan, kita dapat mengajak anak ke tepi sungai tersebut dan meminta anak untuk menghitung lebar sungai. Kita bisa membiarkan anak mencoba-coba dulu dengan cara mereka. Setelah beberapa saat kita beritahu cara yang dapat mengukur lebar sungai dengan lebih teliti, yaitu; Carilah di tepi sungai itu dua titik yang berseberangan tepat lurus (A dan B). Kemudian kita susuri tepi sungai sampai kedua titik tadi kita lihat pada sudut 45o (C). Sudut itu dapat diduga dengan kedua jarum arloji, jika kedua jarum arloji itu ada pada jarak yang berbeda 7½ menit. Jika kita telah menghitung jumlah langkah yang ditempuh tadi, jumlah langkah (A---- B) diketahui juga lebar sungai, sebab kedua jarak merupakan kaki segitiga siku-siku samakaki.
Sumber: Bergembira dengan Sains oleh Hans Jürgen Press, penerbit Titian Ilmu Bandung.
0 komentar:
Posting Komentar