Aktivitas dalam Pembelajaran Matematika 1
Pelajaran Matematika terkadang membuat anak bosan, apalagi kalau pada jam siang hari. Oleh karena itu kita sebagai guru ada baiknya berusaha membangkitkan semangat mereka. Salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah dengan memberikan aktivitas dalam pembelajaran matematika. Aktivitas dalam pembelajaran matematika adalah aktivitas yang menyenangkan saat pembelajaran agar memberi wawasan kepada siswa bahwa matematika itu memang asyik dan menyenangkan. Ada beberapa aktivitas dalam pembelajaran matematika yang akan saya posting satu persatu yang saya ambil dari buku Bergembira dengan Sains oleh Hans Jürgen Press, penerbit Titian Ilmu Bandung. Semoga ada yang mau memanfaatkannya. Berikut aktivitas dalam pembelajaran matematika yang pertama.
Mencari Titik Pusat Lingkaran
Kita mengajak siswa untuk membuat lingkaran, akan tetapi tidak dengan jangka, melainkan dengan menggunakan benda yang berbentuk lingkaran seperti piring, mangkok, ataupun uang logam. Kemudian kita minta anak untuk menemukan pusat lingkaran tersebut dengan sederhana dan pasti. Biarkan anak-anak bereksplorasi beberapa saat baru kalau memang tidak ada yang bisa menemukan kita beri tahu caranya yaitu sebagai berikut: letakkanlah selembar kertas sedemikian rupa pada lingkaran itu, hingga sudut siku-sikunya menyinggung lingkaran. Titik potong pinggir kertas dan lingkaran ditandai A dan B. Garis penghubung antara A dan B merupakan garis tengah lingkaran. Jika dengan cara yang sama digambar garis kedua CD, maka titik silang kedua garis itu merupakan titik pusat M. Kontruksi bantu ini berdasarkan azas bahwa bila dalam setengah lingkaran dibuat segitiga, selalu terjadi segitiga siku-siku.
Mencari Titik Pusat Lingkaran
Kita mengajak siswa untuk membuat lingkaran, akan tetapi tidak dengan jangka, melainkan dengan menggunakan benda yang berbentuk lingkaran seperti piring, mangkok, ataupun uang logam. Kemudian kita minta anak untuk menemukan pusat lingkaran tersebut dengan sederhana dan pasti. Biarkan anak-anak bereksplorasi beberapa saat baru kalau memang tidak ada yang bisa menemukan kita beri tahu caranya yaitu sebagai berikut: letakkanlah selembar kertas sedemikian rupa pada lingkaran itu, hingga sudut siku-sikunya menyinggung lingkaran. Titik potong pinggir kertas dan lingkaran ditandai A dan B. Garis penghubung antara A dan B merupakan garis tengah lingkaran. Jika dengan cara yang sama digambar garis kedua CD, maka titik silang kedua garis itu merupakan titik pusat M. Kontruksi bantu ini berdasarkan azas bahwa bila dalam setengah lingkaran dibuat segitiga, selalu terjadi segitiga siku-siku.
0 komentar:
Posting Komentar