Pembelajaran trigonometri di luar kelas

Artikel terkait : Pembelajaran trigonometri di luar kelas


Dalam pembelajaran matematika, terkadang siswa mempertanyakan kegunaan materi yang kita ajarkan. “Kenapa kita susah-susah mempelajari trigonometri? Kalo sudah bisa entar untuk apa?” begitu kira-kira pertanyaan mereka. Kita sebagai guru kadang merasa terganggu dengan pertanyaan tersebut. Akan tetapi kalau dipikirkan lebih jauh penyataan tersebut memang perlu diberi perhatian. Artinya kita sebagai guru memang harus memberi informasi mengenai manfaat dari yang akan dipelajari sehingga anak tertarik untuk mempelajari.

Sebagai contoh materi trigonometri merupakan salah satu materi yang menurut anak sulit. Maka terkadang siswa menjadi malas untuk mempelajarinya. Dengan keinginan supaya anak tertarik maka pada pembelajaran trigonometri saya coba melakukan kegiatan di luar kelas yang sedikit memberi gambaran penggunaan trigonometri dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan yang saya lakukan adalah membagi anak ke dalam kelompok dan memberi tugas ke anak untuk mengukur tinggi beberapa obyek misalnya pohon, tiang bendera, dan lain-lain. Alat yang digunakan adalah klinometer untuk mengukur sudutnya dan tali raffia untuk mengukur jarak obyek dengan pengamat.

Setelah anak melakukan kegiatan di luar. Selanjutnya hasil pengukuran mereka kami diskusikan bersama-sama. Dalam diskusi masing-masing kelompok mempresentasikan hasil dari kegiatan yang baru dilakukan. Kelompok lain memberi komentar atau pertanyaan.

Artikel Teknologi Informasi dan Komunikasi Lainnya :

2 komentar:

Romantic mengatakan...

salam untuk ibu guru
kebetulan kita se profesi
kunjungi juga blog saya
sukses selalu

www.dessiatikah.blogspot.com mengatakan...

good :)

Copyright © 2015 Teknologi Informasi dan Komunikasi | Design by Bamz