Penelitian Tindakan Kelas Wingeom

Artikel terkait : Penelitian Tindakan Kelas Wingeom

Sudah saatnya para guru meningkatkan profesionalisme. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, sesuai dengan kemampuan masing-masing. Salah satu kegiatan yang dilakukan para guru SMA Sang Timur adalah dengan melakukan penelitian tindakan kelas (PTK).

Ada 12 orang guru yang sekarang sedang melaksanakan PTK dengan 6 mata pelajaran, termasuk penulis. Kegiatan ini dilaksanakan atas dukungan dana dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. Sebelum pelaksaaan PTK ini diadakan pembekalan dahulu untuk semua guru baru kemudian guru mengajukan proposalnya.
Setelah proposal disetujui oleh kepala sekolah masing-masing guru kemudian melaksanakan PTK tersebut.
Penulis juga sudah melaksanakan PTK tersebut dan hasil PTK tersebut sudah kami seminarkan pada Seminar Nasional S3 Matematika yang diadakan oleh Universitas Gajah Mada pada hari Sabtu, 31 Mei 2008.

Berikut ini adalah abtraksnya:

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KERUANGAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN GEOMETRI BERBANTUAN PROGRAM KOMPUTER

MG. Erni Harmiati dan Agustin Rahayu
email: erniharmiati@yahoo.com

SMA SANG TIMUR
Jalan Batikan No.7 Yogyakarta


ABSTRAK
Penelitian bertujuan untuk (i) mengetahui peningkatan motivasi siswa dalam pembelajaran dimensi tiga yang menggunakan media komputer dan program terkait. (ii) mengetahui peningkatan pemahaman keruangan siswa dalam pembelajaran dimensi tiga yang menggunakan media komputer dan program terkait.
Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas dalam tiga siklus dengan topik Dimensi Tiga menggunakan Program Wingeom. Penelitian dilaksanakan di SMA Sang Timur Yogyakarta, kelas X-1 dengan 22 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan (i) Motivasi siswa meningkat, yang nampak dari hasil angket, di mana sebagian besar siswa menyatakan pembelajaran dimensi tiga dengan bantuan Wingeom lebih menarik dan memperjelas. (ii) Pemahaman keruangan meningkat, yang nampak dari perbandingan nilai postest setiap siklus di mana rata-rata nilai dari siklus kedua lebih baik dari siklus pertama dengan materi yang sama. Sebagai contoh pemahaman siswa mengenai dua garis yang berpotongan dan bersilangan masih bingung pada pembelajaran siklus pertama yang tanpa Wingeom, menjadi paham setelah dijelaskan dengan Wingeom pada siklus kedua.

Kata-kata kunci: Pembelajaran Matematika, Geometri Dimensi Tiga, Program Wingeom.

ABSTRACT
This research aims (i) to figure out the improvement of the student’s motivation in Solid Geometry learning using computer media and related program. (ii) to find outthe improvement of the student’s spatial understanding in Solid Geometry learning using computer media and related program.
This research aplied class room action research method in three cycles with Solid Geometry topic using Wingeom Program. This research was conducted in X-1 Class of Sang Timur high school with 22 students.
The result of the research shows that (i) the students’ motivation increases that is shown in the polling or questionnaire, where the majority of the students expressed that Solid Geometry learning using Wingeom Program was more interesting and understandable. (ii) The students’ spatial comprehension increases, that is shown in the comparison of post-test result in every cycle where the average result of the second cycle better than the first cycle with the same topic. For example, the students’ understanding about the intersection and crossing lines, which was still low in the first learning cycle without Wingeom Program, become clearer after using Wingeom Program in the second cycle.

Keywords: Mathemathic Learning, Solid Geometry, Wingeom ProgramBagi Bapak /Ibu yang tertarik silakan
Download artikel lengkap
http://http//www.ziddu.com/download/2734091/ArtikelSemnasUGM08ErniSangTimur.pdf.html

atau

Download Laporan PTK Lengkap
http://www.ziddu.com/download/2889556/LaporanPTKErni.pdf.html

Artikel Teknologi Informasi dan Komunikasi Lainnya :

0 komentar:

Copyright © 2015 Teknologi Informasi dan Komunikasi | Design by Bamz